16 Desember 2012

Jumlah Nabi dan Rasul Allah

Jumlah Nabi dan Rasul Allah


Jumlah Nabi Allah
Jumlah para Nabi yang menjadi utusan Allah SWT menurut salah satu riwayat adalah berjumlah 124.000 (seratus duapuluh empat ribu).
Syaikh Muhammad Ad dardiri mengatakan: Yang lebih utama tidak perlu membatasi dengan jumlah tertentu. Sebab kalau menyatakan bilangan itu boleh jadi memasukkan orang yang bukan Nabi menjadi Nabi dan yang pasti menjadi Nabi tidak termasuk Nabi. Krena boleh jadi akan lebih banyak dari kenyataannya atau mengeluarkan seseorang yang mestinya termasuk menjadi Nabi.
Adapun hadits yang menyatakan bahwa Nabi SAW ditanya tentang jumlah para Nabi, maka beliau menjawab: "Ada 124.000 dan dalam satu riwayat 224.000" adalah hadits Ahad yang tidak dapat memberi faidah pada keadaan yang pasti. Sedangkan di dalam i'tikad praduga-praduga itu tidak dianggap.

Jumlah Rasul Allah
Jumlah para Nabi yang menjadi utusan Allah (Rasul) menurut salah satu riwayat berjumlah 313, sama dengan jumlah sahabat yang ikut perang Badar.
Dalam riwayat lain disebutkan ada 314 Rasul, sama dengan jumlah pasukan tentara Raja Thaluth yang tabah dalam melawan tentara Jalut.
Riwayat lain menyebutkan ada 315. Diriwayatkan bahwa Allah mengangkat 8.000 Nabi, yang 4.000 dari kalangan Badi Israil dan yang 4.000 dari yang lainnya.

Perbedaan Antara Nabi dan Rasul
Rasul adalah manusia yang diperintahkan menyampaikan hukum-hukum kepada umatnya, sedangkan Nabi tidak diperintahkan. Tetapi ia disuruh menyampaikan kepada kaumnya kalau dirinya itu seorang Nabi agar dihormati.


Sumber: Salim Hadad. Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur. Jombang: Lintas Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar